Lomba Ciblon di Desa Prunggahan Wetan

  • Nov 15, 2023
  • Prunggahanwetan

Hari Selasa, 14 Nopember 2023, Pemerintah Desa Prunggahan Wetan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Tuban sukses menyelenggarakan kegiatan lomba ciblon di Kali Gunting Desa Prunggahan Wetan. Acara ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Kota Tuban yang ke-730, yang mana agenda pertama yaitu Kirab Budaya telah dilaksanakan pada tanggal 5 Nopember lalu. Tujuan dari lomba ciblon ini adalah mengenalkan permainan air jaman dahulu kepada generasi muda.

Acara dihadiri oleh Moh. Emawan Putra, selaku Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata, Kabupaten Tuban. Undangan dari berbagai lapisan masyarakat. Acara juga dimeriahkan dengan persembahan tari-tarian, Campursari Ndoro Bei, dan lain-lain. Antusias warga untuk ikut serta dalam lomba ini sangat tinggi. Bahkan diikuti dari luar Desa Prunggahan Wetan. Tua, muda, laki-laki dan perempuan. Tiap tim terdiri dari 3-4 orang. Ada 28 tim yang mendaftar pada saat itu.

Setelah perlombaan selesai, diumumkan juara-juara lomba, yaitu juara pertama dimenangkan oleh Kelompok Princik Prunggahan Kulon ( Tamsir dkk), juara kedua Pemdes Ngino, dan ketiga dari Prunggahan Wetan yaitu kelompok Kali Kebon. Juara Harapan diraih oleh Kelompok Suwanto Semanding, Cipto Pelang, dan Ranto Kancil ( Gumuk). Serta Juara Favorit diraih oleh Grup Manggala ( Grup Anak Kecil).

Lomba ciblon yang perdana ini sukses dilaksanakan. Semoga tahun depan dapat diadakan lagi, dan lebih meriah.