Meriahkan HUT RI ke-77 Pemkab Tuban Pentaskan Sandur di Lapangan Barat Ketigo

  • Oct 28, 2023
  • Prunggahanwetan

prunggahanwetan-semanding.desa.id Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 Pemerintah Kabupaten Tuban menyajikan Pentas Seni Sandur di Lapangan Barat Ketigo Desa Prunggahan Wetan, pada Minggu malam (28/08) waktu setempat. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Disbudporapar M. Emawan Putra dan Camat Semanding, drh. R. Cipta Dwipriyata.

Acara dibuka dengan demonstrasi Kempo, oleh anak-anak asuhan Hari Winarko, S.H, yang juga Kepala Desa Prunggahan Wetan.

Hari dalam sambutannya," Adalah suatu kehormatan serta kebanggaan bagi kami, dengan diadakan seni sandur ini di Desa Prunggahan Wetan. Sebagai hiburan bagi warga kami. Mohon maaf apabila kami tidak bisa membantu secara maksimal."

Hari juga menambahkan bahwa dalam pra acara tadi disajikan olahraga bela diri kempo, agar dapat menarik minat dari putra putri bangsa, dan tentunya jika ada yang berminat dapat ikut mendaftar di Balai Desa Prunggahan Wetan. Manfaat sangat banyak, khususnya pada saat masuk sekolah, kuliah maupun kerja.

" Untuk tari Remo, nanti akan disajikan oleh Saudari Retno, beliau juga memiliki sanggar tari, jika berminat dapat langsung menghubungi yang bersangkutan," imbuh Hari.

Kepala disbudporapar M. Emawan Putra mengatakan," Kami bermaksud melakukan pembinaan, kepada khususnya Desa Prunggahan Wetan dan Prunggahan Kulon. Kami ingin menghidupkan Prunggahan ini menjadi kota lama, sebuah destinasi wisata. Arsitektur, bentuknya, dan lain-lain akan seperti masa lampau."

Emawan juga menambahkan, kegiatan-kegiatan yang bertujuan menggerakkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan karnaval, dan sebagainya. Penjual jajanan, sound sistem, persewaan baju, dan lain-lain adalah bukti ekonomi masyarakat yang berkembang.

Kemudian acara inti yaitu sandur Ronggo Budoyo pimpinan Bapak Sakrun Dusun Randupokak Desa Prunggahan Kulon Semanding, dipentaskan.