Hari Jadi Warunggahan ke-717 dimeriahkan dengan Ludruk Karya Budaya

  • Oct 28, 2023
  • Prunggahanwetan

prunggahanwetan-semanding.desa.id Hari Jadi Warunggahan ke-717 sebenarnya adalah tanggal 24 April, namun karena pada April kemarin bertepatan dengan Bulan Ramadhan, maka puncak acara diundur di Bulan Juni ini. Acara pembukaan diawali dengan pagelaran Ludruk Karya Budaya dari Semanding. Acara dipusatkan di area Makam Dandang Wacono, tepatnya di utara Makam, yaitu sebelah Selatan Masjid Annur, Desa Prunggahan Wetan pada 18 Juni 2022 malam pukul 20.00 WIB.

Ketua Panitia, Herman Susanto, menjelaskan dalam sambutannya terkait sejarah Warunggahan hingga ditetapkannya 24 April. "Ditemukan 14 lempengan prasasti Warunggahan pada jaman Majapahit, sebagai dasar penetapan Hari Jadi Warunggahan," tambah Warga RT 04 RW 03 ini.

Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko, S.H," Terima kasih atas semua partisipasinya seluruh pihak yang sudah membantu, khususnya kepada Mas Budi Sulistyono atas terselenggaranya acara ludruk ini,"katanya.

Dalam acara tersebut hadir juga Camat Semanding, drh.R.Cipta Dwipriyata,"Tadi sudah dikatakan oleh Ketua Panitia bahwa telah ditemukan prasasti Warunggahan sebanyak 14 lempengan, dan sejarahnya. Maka walaupun terlambat, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Warunggahan ke-717 kepada seluruh Warga Prunggahan Wetan," dalam sambutannya.

"Tujuan agenda ini juga untuk memperkenalkan generasi muda peristiwa sejarah pada masa lampau," tambah Camat yang juga dokter hewan itu.

Kemudian acara inti yaitu pagelaran Ludruk Karya Budaya dengan diiringi karawitan Cipto Utomo pimpinan Bapak Winarto.

Serangkaian acara juga telah dipersiapkan panitia. Diantaranya senam aerobik pada Minggu, 19 Juni pkl. 07.00 WIB, serta kirab budaya Festival Papringan pada pukul 14.00, start dan finish di Area Dandang Wacono juga.