26 April 2021 10:29:14
Ditulis oleh Admin

Peringatan Hari Jadi Sima Warunggahan ke-716

prunggahanwetan-semanding.desa.id Sabtu kemarin (24/04) dilaksanakan peringatan Hari Jadi Sima Warunggahan ke-716 di Balai Desa Prunggahan Wetan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperingati masa-masa kejayaan Warunggahan yang saat ini dikenal dengan nama Prunggahan oleh masyarakat luas. Dengan kerjasama antara Pemerintah Desa Prunggahan Wetan dan RCC atau Ranggalawe Creative Center, maka acara ini terlaksana dengan sukses.

Turut juga datang dalam undangan, Bapak Suwanto, dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban serta Camat Semanding Drs. Danarji, MM, Kapolsek Semanding Bapak Carito. Serta Ketua BPD beserta anggota, LPMD, PKK, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Prunggahan Wetan. Hadir juga para Kepala Desa terdekat.

Menurut Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko, S.H,” Dulu kami menggali dengan RCC pada tahun 2016 dan berhasil mengangkat prasasti dari dekat makam Kesambi. Prasasti sudah diterjemahkan, namun kondisi sudah terkikis banyak tulisan yang rusak tetapi masih banyak yang bisa dibaca.”

Camat Semanding, Drs. Danarji, MM, menambahkan,” Saya senang dan bersyukur karena masih ada yang peduli dengan leluhur kita. Kita bisa begini juga karena perjuangan leluhur kita.” Singkatnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan perkenalan Kapolsek Semanding yang baru, yaitu Bapak Carito.

Acara inti oleh Ketua RCC Tuban, Satria Angga Pradipta bersosialisasi terkait Sima Warunggahan ke-716. “ Empat tahun yang lalu telah ditemukan prasasti di tanah pak Pasimin.” Ungkapnya mengawali sosialisasi panjang lebar yang dipaparkan di depan melalui media proyektor. Terjadinya gempa bumi yang amat dahsyat yang membuat Sima Warunggahan hilang dalam peristiwa tersebut.

Bapak Suwanto, dari Dinas Pariwisata menambahi,” Prasasti sebagai penanda kebijakan seorang pemimpin, bisa juga sebagai tetenger atau penanda, sebagai stempel kerajaan. Dan di bawahnya biasanya terdapat umpatan, atau warning bagi pelanggarnya.”

“ Saya berharap 4 Desa yang hadir ini bisa memiliki konsep wisata yang punya keunggulan sendiri-sendiri,” imbuhnya.

( NWDH )



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus