11 Oktober 2020 20:12:50
Ditulis oleh Admin

Sampyong, Kearifan Lokal yang Masih Terjaga

Banyak sekali kearifan lokal yang masih bisa ditemui di Desa Prunggahan Wetan Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Diantaranya ialah manganan, bancakan, serta suronan. Salah satu kearifan lain yang masih terjaga hingga saat ini di Desa Prunggahan Wetan diantaranya Sampyong atau bergotongroyong jika ada warga yang meninggal dunia. Ini dapat dilihat seperti tadi pagi, ketika malam sebelumnya ( 10/10/2020 ) ada warga yang meninggal di wilayah RT 01 RW 01 Dusun Taragan. Pagi tadi para tetangga sudah memenuhi rumah duka dan di makam setempat. Para tetangga yang berada di rumah duka tentunya saling bergotongroyong mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses pemandian hingga keberangkatan jenazah menuju makam. 

Warga yang lain sudah berkumpul lebih pagi di Makam untuk mempersiapkan pemakaman. Mereka bahu membahu dalam menggali tanah kubur hingga kedalaman yang sesuai. Hingga setelah didapatkan kedalaman yang sesuai maka mereka akan memberi aba-aba jika penguburan mayat sudah siap dilanjutkan, sehingga mayat ketika telah sampai pada makam akan segera dapat dikuburkan tanpa harus menunggu lagi.

Kearifan lokal ini perlu sekali dijaga demi kelestarian budaya di Desa Prunggahan Wetan. Anak-anak muda perlu sadar arti pentingnya kebersamaan. Hingga mereka tahu bahwa hal tersebut sangat penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan Warga Desa Prunggahan Wetan.

( NWDH )



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus