14 September 2020 11:39:05
Ditulis oleh Admin

Sedekah Bumi Makam Nyi Ageng Ngeso

prunggahanwetan-semanding.desa.id Sedekah Bumi Makam Nyi Ageng Ngeso Desa Prunggahan Wetan diadakan pada kemarin malam (13/09) di RT 03 RW 02 Dusun Taragan. Agenda tahunan di malam Senin Pon ini digelar lebih awal yaitu sesudah Maghrib, agar acara tidak terlalu lama dan cepat selesai mengingat kondisi pandemi saat ini. Acara Tahlil juga digelar di Makam Patih Barat Ketigo di waktu yang sama. Sehingga ada dua agenda yang sama di malam tersebut.

Hari Winarko, S.H, Kepala Desa Prunggahan Wetan yang hadir dalam sedekah bumi tersebut menerangkan bahwa,"Kearifan lokal ini yang harus kita uri-uri bersama. Ini merupakan warisan leluhur kita. Tokoh Nyi Ageng Ngeso merupakan kehormatan kita bersama, mari kita doakan. Dan kita sama-sama berdoa semoga dihindarkan dari segala bala' marabahaya."

Hari juga menjelaskan terkait dengan pembangunan TPT Makam Ngeso yang terkendala dengan penanggulangan Covid-19. Namun untuk jalan lingkungan di Randuanak masih bisa dibangun. Sehingga jika DD Tahap III cair, maka harus segera dibangun, agar bisa segera terealisasi, sebelum ada kebijakan baru yang lain.

Kemudian, Lanjut Hari membeberkan bahwa Perdes Lingkungan Hidup Desa Prunggahan Wetan sudah dibuat. Maka hewan-hewan seperti burung-burung yang ditembaki, kemudian ikan yang dipotas, sampah atau limbah yang dibuang sembarangan di Desa Prunggahan Wetan, semua sudah diatur hukumannya pada perdes tersebut.

Dalam kesempatan ini pula Hari melaporkan terkait pembangunan tanah eks makam santri Taragan. Hari menerangkan bahwa status tanah tersebut di buku desa tidak ada, sedangkan kondisi geografisnya sering longsor, dan sangat memprihatinkan. Sudah diserahkan ke pihak NU, dan sudah kita ajukan ke Bupati Tuban untuk dibangun TPT. Proyek ini bernilai 1 milyar. Rencananya juga akan dibuka akses jalan.

Penceramah yang didatangkan dalam acara sedekah bumi tersebut adalah Ustadz Dayat, dari Semanding. Dalam acara tersebut juga digelar doa bersama untuk keselamatan Desa Prunggahan Wetan, agar aman terhindar dari segala marabahaya. Hingga akhir, acara berjalan lancar tanpa ada kendala.

(NWDH)

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus