18 Mei 2020 16:23:35
Ditulis oleh Admin

Inilah Daftar Penerima Bantuan Desa Prunggahan Wetan

Pemerintah Desa Prunggahan Wetan menginformasikan kepada masyarakat sebagai wujud transparansi terhadap data penerima semua bantuan yang diterima oleh warga Desa Prunggahan Wetan. Beberapa bantuan yang diterima sangat banyak diantaranya : PKH, BPNT, BLT Dana Desa, BLT Kemensos dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai bantuan di atas. 

PKH adalah Program Keluarga Harapan, bentuknya uang tunai langsung masuk rekening masing-masing.

BPNT (dulu namanya Raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa Bahan Makanan yang disalurkan melalui Kios Desa yang ditentukan oleh bank Mandiri kerjasama TKSK kecamatan. 

BLT Dana Desa adalah Bantuan Tunai dari Desa Masing-masing, Besarannya 600 ribu per bulan direncanakan selama 3 bulan. BLT dari Dana Desa ini perlakuannya ada 3, I. Bagi Desa yg belum Cair Dana Desa Tahap I, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19. II. Bagi desa yg telah cair Dana Desa Tahap I, namun belum habis dibelanjakan, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19 III. Bagi desa yg telah cair Dana Desa Tahap I dan teah habis dibelanjakan, maka segera bermohon Tahap II diprioritaskan untuk BLT Covid 19. 

BST Kementerian Sosial adalah bantuan bentuk tunai berdasarkan DTKS Dinsos diperuntukkan bagi rata-rata perkotaan atau kelurahan dan juga Desa. 

Intinya sebenarnya bantuan itu sudah cukup banyak dan yang bertanggung jawab itu juga sendiri-sendiri.

1. PKH itu penanggung jawabnya Kementerian Sosial Pusat, data dari mereka dan desa memang tidak dilibatkan serta sudah ada pendampingnya.

2. BPNT itu penanggungjawabnya Dinas Sosial Kabupaten dan pembagiannya oleh Dinas langsung.

3. BLT DANA DESA ini baru jadi tanggung jawabnya pemerintah desa

4. BLT PUSAT ini tanggung jawabnya Kementerian Sosial pusat juga.

Semoga semua bantuan tidak tumpang tindih. Agar semua masyarakat Desa Prunggahan Wetan dapat mengetahui terkait penerima bantuan tersebut, maka Pemerintah Desa Prunggahan Wetan telah memampangkan data tersebut di papan pengumuman desa setempat.

( NWDH )



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus