22 Maret 2020 10:11:56
Ditulis oleh Admin

Satgas Anti Covid-19 Desa Prunggahan Wetan Dibentuk

Ditengah hiruk pikuknya Indonesia dalam menghadapi Virus Corona atau lebih dikenal dengan sebutan Covid-19, Pemerintah Desa Prunggahan Wetan juga tak bisa diam begitu saja. Langkah cepat yang diambil oleh Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko,S.H. adalah membentuk Satgas Anti Covid-19. "Tugas dari Satgas ini adalah memonitor barangkali ada indikasi atau terdapatnya suspect Covid-19 di Desa Prunggahan Wetan," terangnya ketika ditemui pada acara musyawarah dengan warga terkait pemanfaatan eks Makam Santri di Balai Desa kemarin (20/03/2020). "Tidak perlu panik, takut, tetap berikhtiar serta ikuti protokol Dinas Kesehatan. Cuci tangan dengan sabun atau sedia hand sanitizer," tambahnya. 

Satgas ini diketuai oleh Sekretaris Desa, Nur Wahyuningtyas D.H, S.Pd, dengan wakil Bidan Desa Prunggahan Wetan, Ernik Lida Wijaya, serta Koordinator lapangan, Kepala Dusun Taragan, Didik Sutrisno, serta Kepala Dusun Banaran, Sugiyono. Sebagai Koordinator wilayah adalah seluruh Ketua RT di Desa Prunggahan Wetan. Satgas ini diharapkan dapat menanggulangi penyebaran virus Corona di Desa Prunggahan Wetan.

Ketika ada warga yang dicurigai terkena virus Corona, maka tugas Ketua RT adalah melaporkan ke Kadus masing-masing. Setelah itu akan dilakukan langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan instruksi dari Dinas Kesehatan Tuban. Di sini tugas Ketua RT sangat penting. Masing-masing Ketua RT harus tahu siapa saja warganya yang mempunyai riwayat perjalanan jauh, misal luar kota maupun luar negeri, dan juga memperhatikan jika ada gejala-gejala sakit yang dialami warganya yang kemungkinan menyerupai gejala dari virus Covid-19 tersebut. Intinya selalu menjalin komunikasi dengan warga serta Pemerintah Desa Prunggahan Wetan.

Seperti yang diketahui bersama, hingga Sabtu sore (21/03/2020) Indonesia mencatat ada 38 orang yang telah meninggal akibat virus tersebut. Untuk itu kita berharap semua warga Desa Prunggahan Wetan dapat ikut andil dalam mencegah penularan virus Covid-19. Caranya adalah dengan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau dengan sedia hand sanitizer, makan makanan bergizi, olahraga teratur untuk meningkatkan imunitas tubuh, menghindari kontak langsung dengan orang lain minimal jarak 1 meter, kemudian menghindari bepergian keluar kota untuk mempersempit penyebaran virus. 

Usaha menekan penyebaran virus ini adalah tanggung jawab kita bersama. Semoga Desa Prunggahan Wetan dijauhkan dari virus Covid-19 dan segala marabahaya.

( NWDH )



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus