23 Juli 2019 20:44:57
Ditulis oleh Admin

Selapanan Malam Senin Pon

          Makam Barat Ketigo adalah Makam yang konon katanya Makam Patih Besar Gajah Mada. Makam ini sudah terkenal di seantero Bumi Wali Tuban. Makam ini sudah sering dijadikan tujuan wisata rohani oleh banyak wisatawan dalam maupun luar Kota Tuban. Makam ini terletak di selatan pusat pemerintahan Kabupaten Tuban. Tepatnya di Desa Prunggahan Wetan Kecamatan Semanding. Makam ini bersandingan dengan Desa Bejagung sebagai batas desa sebelah timurnya.

          Pemerintah Desa setempat berusaha untuk melestarikan budaya leluhurnya yaitu di Makam Patih Barat  Ketigo tersebut, dengan mengagendakan secara rutin Tahlil Selapanan setiap malam Senin Pon. Acara ini dilaksanakan tiap setelah Sholat Isya. Acara diisi dengan bacaan tahlil yang diikuti oleh masyarakat setempat dan biasanya dilanjutkan dengan ceramah rohani dari beberapa Ustadz lokal, seperti contoh Ustadz Dayat dari Semanding pada kemarin tanggal 21 Juli 2019.

          Agenda ini akan menjadi agenda rutin Pemerintah Desa Prunggahan Wetan dan tentunya dengan dukungan dari masyarakat Prunggahan Wetan seluruhnya. Hari Winarko, S.H menjelaskan," Kalau bukan kita siapa lagi. Kita berharap Makam Barat Ketigo ini dapat menjadi destinasi wisata utama di Kota Tuban, seperti halnya Wisata Sunan Bonang dan wisata-wisata rohani yang lainnya." 

          Tidak hanya itu, hal serupa juga dilaksanakan pada malam Jumat Wage. Bahkan pada malam Jumat Wage pengunjung banyak yang berasal dari luar kota. Semoga agenda terjadwal ini bisa terus lestari sampai kapanpun, dan dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.

( NWDH )



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus