Wow, Duku Khas Tuban Ini Punya Banyak Keunggulan Lho, Apa Sih?

TUBAN, JITUNEWS.COM – Keragaman varietas buah lokal seakan tak ada habisnya. Salah satu buah unggulan nasional, yang jadi kebanggaan masyarakat Tuban adalah duku prunggahan Tuban. 

Duku ini telah dikenal oleh masyarakat Tuban dan sekitarnya sejak ratusan tahun yang lalu, dan merupakan produk unggulan Tuban karena memiliki rasa buah yang sangat manis, buah berukuran besar, kulit buah tipis dan lemas serta yang sangat spesifik yaitu mampu tumbuh dan berproduksi  di dataran rendah dekat laut.

Sebaran geografis duku ini berada di Desa Prunggahan Kulon, Desa Prunggahan Wetan, Desa Semanding, Kec, Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur. Varietas ini telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP), Kementan, dengan nomer pendaftaran 004/PVL/2006.

Deskripsi Varietas. Tinggi tanaman duku ini ± 15 meter, lebar tajuknya ± 9 meterr, tanaman/tajuknya berbentuk piramid dengan percabangan banyak, dan kerapan kanopinya rapat.  Batang penampang tanaman ini berbentuk silindris, bergelombang, warna batang cokelat dengan lingkar batang 145 cm. Bentuk daun jorong, kedudukan daun berselang-selang, tepian daun rata, ujung daunnya lancip, permukaan daun bergelombang, panjang daun 16,6-16,9 cm, lebar daun 7,7-7,9 cm, warna daun bagian atas hijau tuam dan warna daun bagian bawah hijau muda. Panjang tangkai daun tanaman ini sekitar 8,5-8,8 cm.

Bentuk buah duku prunggahan Tuban ini bulat telur, panjang buah 3,98-4,32 cm, diameter buah 3,40-3,54 cm, panjang tangkai buah 2,3-3,3 cm, panjang tangkai tandan buah 20-29 cm, warna buah kala masak kuning cerah, ketebalan kulit buah 0,9-1,7 cm, warna daging buah putih bening tekstur buah halus dan kenyal, dan bobot per buah 20,4-35,6 cm.

Sifat buah duku ini antara lain memiliki rasa yang manis dan segar, aroma buahnya lembut, kandungan gulanya 19-21 brix, kandungan air 81-85%, dan kandungan asam 0,36-0,38%. Selain itu, buah duku ini memiliki daya simpan yang cukup lama, yakni sekitar 7-10 hari pada suhu kamar. Produkstivitas buahnya 300-350 kg/pohon/tahun.

Menyoal agroekologi,  buah duku ini cocok ditanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian 4-10 m dpl dengan kelembaban kering dan air tanah dangkal. Musim berbuah buah ini biasanya terjadi pada bulan Oktober-Februari.
(sumber : PPVTPP, Kementan)

Sumber : http://www.jitunews.com

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)