Ditemukan Batu Prasasti Purbakala Di Tuban

Tuban, 18/10/2016 (suaraindonesia-news.com) – Telah ditemukan Batu Prasasti Purbakala di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Menurut Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo, SH, menginformasikan Kepada suaraindonesia-news.com, penemuan tersebut berawal pada saat pemilik Tanah, Pasimin (53), ingin mengangkat, membalikkan batu yang berada di area perkebunannya, karena berat Pasimin tidak Larat.

<iframe id="aswift_2" style="left: 0; position: absolute; top: 0; width: 696px; height: 174px;" name="aswift_2" width="696" height="174" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" allowfullscreen="allowfullscreen" data-mce-fragment="1"></iframe>

“Lantaran Pasimin Tidak Kuat, mengangkat seorang diri karena beratnya Batu, akhirnya dikembalikan ketempat asal batu bergeletak, Terang Kapolsek Semanding, menirukan Pemilik Tanah.

Masih kata Kapolsek, Seusai Mengangkat Batu tersebut Pasimin (53) malam harinya mendapatkan petunjuk melalui mimpi tentang keberadaan batu tersebut, mimpi yang terus menghantui pikirannya pada akhirnya dia ceritakan ke Kades Desa Perunggahan Wetan, Hari Winarko.

Mendapat curhatan dari warganya Kepala Desa perunghahan Wetan, Hari Winarko SH berkoordinasi dengan RCC (Ronggolawe Creative Centre), Terangnya.

<iframe id="aswift_3" style="left: 0; position: absolute; top: 0; width: 696px; height: 174px;" name="aswift_3" width="696" height="174" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" allowfullscreen="allowfullscreen" data-mce-fragment="1"></iframe>

Tim RCC, yang diketuai oleh Satria Anggameia Peadista bersama Jajaran Polsek semanding yang dipimpin langsung Kapolsek, serta Kepala Desa berserta perangkat, Selasa (18/10) pukul 13.00 mendatangi lokasi tempat ditemukannya batu prasasti tersebut.

“Sebelum dimulai penelitian terlebih dahulu diakan selamatan berupa (kenduri). Anehnya setelah Tim mulai melakukan penelitian posisi batu sudah dalam keadaan terbalik,” Kata Kapolsek Semanding AKP Desis Susilo.

Batu yang berukuran Panjang, – + 2, 20M, dengan Lebar, – + 1,30M. dibalik batu ada tulisan Jawa Kuno yang mengandung arti “NEGARA”.

“Dengan ditemukan batu yang menurut Time RCC peninggalan bersejarah pada jaman kerajaan dahulu, Tim masih akan terus malakukan penelitian lebih lanjut guna memastikan umur batu dan sejarahnya,” ujar Desis.

<iframe id="aswift_4" style="left: 0; position: absolute; top: 0; width: 696px; height: 174px;" name="aswift_4" width="696" height="174" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" allowfullscreen="allowfullscreen" data-mce-fragment="1"></iframe>

Menurutnya, demi menjaga hal-hal yang tidak di inginkan, dan setelah berkoordinasi dengan aparat Desa setempat, yang rencana akan diabadikan sebagai wisata benda purbakala.

“Batu yang kami anggap situs bersejarah ini wajib kita lindungi dan kita jaga bersama, pihak kami memasang Polis Line karna masih dalam penelitian.”tukas AKP Desis Susilo.

Sumber : http://suaraindonesia-news.com

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)