Penuh Semangat, RCC Gali Situs Sejarah Tuban

Portaltuban.com -  Ronggolawe Creative Centre (RCC) Tuban menguak sejarah mega power kota besar Tuban sebagai pusat kebudayaan lewat situs sejarah di Desa Perunggahan Wetan Kecamatan Semanding, Selasa (18/7).

 RCC Tuban berdiri sejak 1 Juni 2013 beranggota sekitar 40 orang dari para pecinta budaya dan situs sejarah. Komunitas ini terbentuk karena sudah saatnya masyarakat luas tahu masa kejayaan tlatah Tuban. Bukan hanya dari sebuah daerah kecil yang tak berdaya melainkan pusat budaya dan pemerintahan setingkat propinsi.

 Ketua RCC Tuban Satria Anggameira mengatakan bahwa tujuan membentuk komunitas ini untuk mengenalkan situs arkeologis dan sejarah beserta fakta sejarahnya yang tersebar di Tuban dengan diawali di Desa Prunggahan Wetan Kecamatan Semanding. Kemudian yang mendasari adalah masa silam Tuban bukan hanya daerah kecil yang tidak hebat, melainkan sebuah wilayah besar dan pusatnya kebudayaan.

 "Kalau bukan dari kita orang Tuban sendiri yang membongkar sejarah kejayaan Tuban siapa lagi," tanyanya sambil meneliti sebuah temuan peninggalan sejarah.

 Selanjutnya, kata Satria, sampai saat situs yang diduga benda cagar budaya ada tiga, yaitu  prasasti yang diperkirakan era Mapanji Garasakan (Jenggala awal), patih barat ketiga dan ada yang masih didalam tanah. Hal ini berdasarkan info pemilik rumah yang bangunan rumahnya berdiri diatas situs tersebut. Ketiganya ada di kawasan Desa Perunggahan Wetan Kecamatan Semanding.

 Utuk diketahui data yang tercatat RCC diantaranya ada Candi bulujowo-bancar, prasasti prunggahan wetan, prasasti tuban 1-2, prasasti cendor, prasasti wangun, prasasti sumberjo, situs besali, benda bergerak di sunan bonang, sunan bejagung kidul dan lor dan beberapa artefak lainnya.

“Tim kami akan terus mencari situs-situs bersejarah di Tuban,” ungkapnya. (Agil/Ramd)

Sumber : http://www.portaltuban.com

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)