Pemdes Prunggahan Wetan Inventarisi Temuan Benda Kuno

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes)  Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban berusaha untuk menginventarisir benda-benda kuno semacam prasasti di Dusun Banaran desa setempat, Senin (17/10/2016).

Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko mengatakan tepatnya sejak satu tahun lalu, penemuan batu berukuran panjang 222 x 90 centimeter tersebut telah dilaporkan kepada Balai Besar Purbakala Trowulan. Sebab, belum ada Tim Arkeolog dan hanya dilakukan identifikasi.

"Kegiatan invetarisir ini dilakukan pada aset atau benda yang terpendam di dalam tanah yang kaitannya dengan peninggalan leluhur," kata Hari kepada blokTuban.com.

Hari, menambahkan dalam usaha inventarisasi kali ini terlibat juga Ronggolawe Creative Center dan Komunitas tapak jejak kerajaan di Sidoarjo dan Jawa Timur. Komunitas tersebut merupakan kelompok pencari sejarah melalui penemuan dan penggalian benda kuno.

"Hari Minggu dilakukan ritual dan kemudian batu dibalik ternyata ada tulisan Jawa Kuno," ujarnya.

Kemudian, masih kata Hari dalam hal ini tulisan tersebut diteliti untuk mengetahui adakah kaitannya jaman kerajaan tertentu. [dwi/col]

 

Sumber : http://bloktuban.com

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)